Blogging, apa itu?

Blogging selama ini saya anggap sudah mengerti artinya. Tapi saat ada kawan yang dengan serius bertanya “apa itu blogging?” lumayan rada berkerut juga dahi ini. Mencari definisi tepat yang bisa mudah dipahami siapa saja. Blogging kata dasarnya blog. Supaya rada mendekati yang benar kutip dulu definisi blog. Menurut id.wikipedia.org:
Blog merupakan singkatan dari "web log" adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih
lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.
Buat saya, definisi tersebut kurang jelas, atau setidaknya mengaburkan pemahaman tentang  blog. Ternyata blog itu memang kata benda, tapi adalah “bentuk” aplikasi. Jadi blog itu adalah salah satu aplikasi web, bukan aktivitas, bukan pula ‘jenis’ situs web. Hanya aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan pada sebuah halaman web umum. Ini yang paling membingungkan: Tulisan pada sebuah halaman web umum!  Dikira blog itu jenis situs, ternyata hanya aplikasi web.
Nah dengan kata dasar saja sudah bingung, apalagi dengan kata turunannya : blogging. Nampaknya kata ini adalah kata kerja dari kata benda “Blog”.  Tinggal kira-kira sendiri, jika definisi blognya seperti  kutipan dari id.wikipedia.org tadi, maka kata kerja (yang bisa berarti aktivitas melakukan hal-hal yang berkaitan dengan –kata benda- tadi) menjadi sulit dibuat untukmudah dimengertioleh orang awam seperti saya :-D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan komen apa saja terimakasih
NegeriAds.com solusi Berpromosi