Batik untuk segala usia

Batik biru
Batik bisa digunakan siapa saja di kesempatan apa saja. Resmi atau tidak resmi tidak ada halangan untuk mengenakan batik. Batik apa saja warna apa saja. Konon dulu batik hanya memiliki motif terbatas. Motif tertentu digunakan pada kesempatan tertentu pula, dan tidak semua orang 'berhak' mengenakan batik. Namun sekarang siapapun bisa berpakaian batik.

Pernah pada saatnya dulu, batik menjadi ekslusif karena sulitnya membuat kain dengan motif batik. Metoda pembatikan masih sepenuhnya manual digambar tangan. Mungkin ini penyebab batik menjadi terbatas motifnya. Sekreatif apapun orang tetap akan sulit terus menerus berkreasi.
Para pemakaipun berkesepakatan untuk hanya mengenakan batik motif tertentu pada kesempatan tertentu saja. Jadi, pada acara yang penuh kegembiraan akan berbeda dengan pakaian untuk menyatakan duka.
Dengan kemajuan teknologi membuat batik tidak lagi menjadi keterampilan yang hanya dimiliki para pengrajin. Batik dibuat oleh mesin. Produktivitas menjadi sangat tinggi dan batik kian terjangkau oleh semua orang. Batik pun bukan lagi kain ekslusif yang hanya layak atau dapat dikenakan oleh orang tertentu. Bersamaan dengan itu berkembang pula motif-motif baru. Baik modifikasi dari motif lama ataupun motif yang benar-benar baru diciptakan. Kekhususan pemakaian motif menjadi tergantung selera pemakai atau selera massal. Tidak ada lagi batik yang khusus utuk dikenakan pada kesempatan khusus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan komen apa saja terimakasih
NegeriAds.com solusi Berpromosi