Berpromosi di internet, perlukah?

Tentu saja perlu, jika ingin meningkatkan sesuatu. Ya, tidak salah, "sesuatu". Bukan hanya penjualan saja yang dapat ditingkatkan dengan promosi, bisa juga goodwill, atau nama baik sesuatu. Semua bisa dilakukan dengan berpromosi. Strategi pencitraan, baik UUD (ujung-ujungnya duit) maupun sekedar tebar pesona, intinya dilakukan dengan promosi.
Biar tidak terlalu sumir kita sambangi dulu wiki, dan tanya dia apa itu promosi. Begini katanya;
Promosi adalah upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa pada dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya. Dengan adanya promosi produsen atau distributor mengharapkan kenaikannya angka penjualan.
Ternyata idwiki lebih simpel dari paragraf pertama di atas. promosi hanya dikaitkan dengan memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa dan tujuannya hanya menarik calon konsumen agar bersedia membeli produk yang dipromosikan baik jasa maupun barang. Harapannya adalah kenaikan angka penjualan.
Kita lanjutkan dengan tujuan promosi (masih dari idwiki):
  1. Menyebarkan informasi produk kepada target pasar potensial
  2. Untuk mendapatkan kenaikan penjualan dan profit
  3. Untuk mendapatkan pelanggan baru dan menjaga kesetiaan pelanggan
  4. Untuk menjaga kestabilan penjualan ketika terjadi lesu pasar
  5. Membedakan serta mengunggulkan produk dibanding produk pesaing
  6. Membentuk citra produk di mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan.
Nah, di point 6. ada membentuk citra produk. Sebenarnya tentu saja tidak hanya citra produk, tapi citra apapun. Termasuk citra personal dari seseorang. Promosi bisa diharapkan untuk meningkatkan citra. Ingat kemarin saat ramai kampanye? semua tindakan yang dilakukan para caleg maupun capres, pada intinya dilakukan dengan mempromosikan citra baiknya. Hampir tidak ada mempromosikan program kerjanya.
Kembali ke promosi di internet; perlukah dilakukan? Internet seperti juga media lain adalah alternatif untuk berpromosi. Tentu dengan keunggulan dan kelemahan berbeda untuk tiap-tiap media. Yang pasti, berpromosi di internet tentu bertargetkan audiens yang melek internet. Jika target pasar adalah termasuk pengguna internet (artinya targetnya umum, siapa saja) Internet termasuk media yang dapat diunggulkan dalam berpromosi.
Metoda-metoda berpromosi di internet tentu saja ada berbagai macam. Seperti juga jika promosi tersebut dillakukan bukan di internet.
Perlu atau tidaknya berpromosi di internet tentu tergantung dari apa yang dipromosikan dan siapa yang menjadi target promosi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan komen apa saja terimakasih
NegeriAds.com solusi Berpromosi